Pembuatan Dan Penerapan Mainan Edukasi (Puzzle) Untuk Stimulasi Kognitif Anak Berkebutuhan Khusus Di RSUD Ulin Banjarmasin

Authors

  • Sulistia Assa'adah UIN Antasari Banjarmasin
  • Gusti Noor Ermawati RSUD Ulin Banjarmasin
  • Mahdia Fadhila UIN Antasari Banjarmasin
  • Muhammad Zidan Najib Putranto Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Siti Faridah UIN Antasari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.24036/pusako.v1i2.19

Abstract

Anak-anak berkebutuhan khusus memiliki karakteristik yang berbeda dengan anak-anak pada umumnya dan hal tersebut juga berlaku pada apa yang mereka lakukan dan gunakan sehari-hari. Salah satunya ialah permainan yang dapat digunakan untuk membantu anak berkebutuhan khusus dalam menstimulasi kognitif serta gerak motorik mereka. Sehubungan dengan hal itu, alat permainan edukatif adalah alat yang sengaja dirancang secara khusus untuk meningkatkan aspek-aspek perkembangan anak sebagai alat bantu belajar yang dapat mengoptimalkan perkembangan anak, disesuaikan dengan usia dan tingkat perkembangannya. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan di Poliklinik Psikologi RSUD Ulin Banjarmasin. Adapun untuk target pada kegiatan pembuatan dan penerapan mainan edukasi ini ialah anak berkebutuhan khusus yang sedang menjalani terapi. Adapun beberapa langkah-langkah yang dilakukan pada kegiatan tersebut meliputi: (1) Tahap persiapan, (2) Tahap pembuatan dan uji coba, dan (3) Tahap pelaksanaan. Berdasarkan kegiatan tersebut terlihat bahwa anak-anak berkebutuhan khusus tertarik dengan permainan puzzle yang diberikan karena memiliki warna dan gambar-gambar yang menarik. Selain itu, anak-anak berkebutuhan khusus juga terlatih konsentrasi serta kemampuan berpikir dan analisisnya saat menyelesaikan permainan puzzle. Berdasarkan hasil percobaan dan pengamatan dapat ditarik kesimpulan bahwa pembuatan dan penerapan mainan edukasi (puzzle) untuk anak berkebutuhan khusus, sangat berguna dalam proses terapi di RSUD Ulin Banjarmasin tepatnya di Poliklinik Psikologi. Mainan edukasi tersebut pula, mampu memberikan warna baru bagi ABK di sana dengan dilihat dari ketertarikan mereka untuk bermain serta menyusun puzzle tersebut

References

Ardiati, Lucy. 2018. “Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Jurusan Tarbiyah Fakultas Tarbiyah Dan Tadris Institut Agam Islam Negeri (Iain) Bengkulu”

Astuti, Yuli. 2016. “Cara Muda Asah Otak Anak (Kebiasaan-Kebiasaan Sepele Sehari-Hari Peningkat Kecerdasan Otak Kanan-Kiri Anak”. Yogyakarta: FlashBooks.

Hakim, Arif Rohman. 2018. “Mendorong Perkembangan Kognitif Anak Tunagrahita Melalui Permainan Edukatif”. Vol.4, No. 3.

Khoiriyyah, Binti. 2019. “Pengaruh Permainan Puzze Angka Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B Di Tk Kusuma Mulia Ngadiluwih Kediri Tahun Ajaran 2018/2019”. Tulungagung.

Ramadhita, Nadilla. 2018. “Penerapan Desain Pada Permainan Anak Berkebutuhan Khusus,” Productum: Jurnal Desain Produk (Pengetahuan dan Perancangan Produk) Vol.3, No. 3.

Sabaryati, Eni Estuti. 2018. “Penggunaan Media Pembelajaran Puzzle Untuk Bidang Alqur’an Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Ix Smp Negeri 1 Ngaglik Slema”, Jurnal Tesis UII.

Yani, Desiyani. 2018 “Ayo Main Bareng (Inspirasi Permainan Edukatif Orang Tua Bersama Anak Sesuai Usia)”. Jakarta: Penebar Swadaya Grup.

Downloads

Published

2022-12-13

How to Cite

Sulistia Assa’adah, Gusti Noor Ermawati, Mahdia Fadhila, Muhammad Zidan Najib Putranto, & Siti Faridah. (2022). Pembuatan Dan Penerapan Mainan Edukasi (Puzzle) Untuk Stimulasi Kognitif Anak Berkebutuhan Khusus Di RSUD Ulin Banjarmasin. PUSAKO : Jurnal Pengabdian Psikologi, 1(2), 46–54. https://doi.org/10.24036/pusako.v1i2.19