Pengembangan Skill Mengajar Dengan Pelatihan Peningkatan Literasi dan Keterampilan Presentasi Bagi Guru SMA 5 Pariaman
DOI:
https://doi.org/10.24036/pusako.v1i2.20Abstract
Guru memiliki peranan yang besar dalam mencetak generasi penerus yang berkualitas di masa depan. Guru belum semuanya memiliki empat kompetensi, yakni kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. Adapun guru dengan lulusan sarjana pendidikan pun tidak menjamin mampu melakukan pengembangan diri untuk menambah pengetahuan dan kompetensinya dalam mengajar. Hasil dari Uji Kompetensi Guru (UKG) dari tahun 2012 sampai 2015 sekitar 81% guru di Indonesia nilainya bahkan tidak mecapai nilai minimum. Guru-guru masih banyak tidak menggunakan media pembelajaran, dan mengajar dengan metode ceramah atau penugasan. Fenomena tersebut membuat guru tetaplah “teko” dan siswa tetaplah “gelas” sehingga siswa akan selalu pasif menunggu ilmu dari guru. Guru masih gagap teknologi sehingga tidak mampu menanamkan “daya kritis” kepada murid untuk menjadi manusia revolusioner. Guru banyak yang belum mampu mengoperasikan perangkat teknologi informasi di hadapan para muridnya khususnya dalam membuat media pembelajaran. Solusi yang ditawarkan adalah berupa kegiatan pelatihan pengembangan skill mengajar guru dengan peningkatan literasi guru terhadap bidang studi dan pengembangan kompetensi presentasi materi pelajaran di era digital. Guru juga diberi pelatihan teknik-teknik presentasi materi pelajaran yang menarik agar memotivasi siswa dalam belajar.
References
Daftar Pustaka
Murdaningsih, D. (2019) Rendahnya Kompetensi Guru Jadi Masalah Pendidikan Indonesia. https://republika.co.id/berita/pq53k5368/rendahnya-kompetensi-guru-jadi- masalah-pendidikan-indonesia
Yunus, S. (2018) Mengkritisi Kualitas Guru. https://mediaindonesia.com/opini/200182/mengkritisi-kualitas-guru
Totoh, A. (2021). Menyoal Kembali Kualitas Guru. https://www.timesindonesia.co.id/read/news/379501/menyoal-kembali-kualitas-guru
Mulya, P (2021) Kualitas Guru Di Indonesia Dinilai Rendah Terutama Untuk Hal Ini. https://www.radardepok.com/2021/09/kualitas-guru-di-indonesia-dinilai-rendah-terutama- untuk-hal-ini/
Rusli, D., Nio, S. R., Akbar & Nurmina. (2020). Psikoedukasi Online Pendampingan Anak Belajar Daring Akibat Terdampak Pandemi Covid 19. Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat (PLAKAT), 2(2), 167–181.
Rusli, D. (2021). Pelatihan Media Belajar Digital Bagi Guru SDIT Mutiara Pariaman Di Era New Normal. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,5(5),1226-1231. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i5.7886.
Bronfenbrenner, U. (1999). Environments in developmental perspective: Theoretical and operational models. In S. L. Friedman & T. D. Wachs (Eds.), Measuring environ-ment across the lifespan: Emerging methods and concepts (pp. 3–28). Washington, DC: American Psychological
Association Pres (2) (PDF) Bronfenbrenner's Bioecological Theory Revision. Available from: https://www.researchgate.net/publication/321012999_Bronfenbrenner's_Bioecological_Th eory_Revision [accessed Mar 29 202]