PSIKOEDUKASI TERHADAP UPAYA MENANGGULANGI PERILAKU BULLYING BERBASIS TEAM BUILDING DI SMP NEGERI 15 PADANG

Authors

  • Deri Setyawan Universitas Negeri Padang
  • Natilla Ghifara Universitas Negeri Padang
  • Shafira Azzahra Putri Universitas Negeri Padang
  • Alfadillah Rehani Setalia Universitas Negeri Padang
  • Tri Fusvinda Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/pusako.v2i1.33

Keywords:

perundungan, team building, intervensi, sekolah

Abstract

Perundungan (Bullying) dapat berawal dari tingkat keagresifan perilaku yang tidak terkendali pada masa anak-anak. Namun hal ini dapat dicegah dengan meningkatkan pengawasan pergaulan negatif dari anak dan teman-teman mulai dari mencontohkan hal-hal yang baik, lebih menyaring teman-teman anak yang memberikan efek positif. Tujuan dari intervensi in yaitu untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada siswa terkait bullying, jenis-jenisnya, dll. Bullying mempengaruhi baik anak laki-laki dan perempuan. Metode yang dilandaskan pada intervensi ini terdiri atas 4 tahap, yakni need asessement kepada guru Bimbingan Konseling, penyebaran angket bullying kepada siswa, Focus Group Discussion (FGD) bersama siswa, pemberian materi dan games dalam team builiding. Rangkaian kegiatan diikuti oleh sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 20 laki-laki dan 10 perempuan. Hasil dari kegiatan intervensi yang telah dilaksanakan ini adalah siswa merasakan keterbukaan baik dari aspek pikiran dan perasaan dalam perilaku perundungan.

References

KPAI, T. (2020, Februari 20). Sejumlah Kasus Bullying Sudah Warnai Catatan Masalah Anak di Awal 2020, Begini Kata Komisioner KPAI. Diambil kembali dari KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia): kpai.go.id/publikasi/sejumlah-kasus-bullying-sudah-warnai-catatan-masalah-anak-di-awal-2020-begini-kata-komisioner-kpai

Magfirah, U., & Rachmawati, M. A. (2010). Hubungan antara iklim sekolah dengan kecenderungan perilaku bullying. Jurnal Universitas Islam Indonesia, 1-10.

Octavia, D., Puspita, M., & Yan, L. S. (2020). Fenomena perilaku bullying pada anak di tingkat Sekolah Dasar. Riset Informasi Kesehatan, 9(1), 43-50.

Susanti, R., Ifroh, R. H., & Wulandari, I. (2018). Mapping school bullying pada anak di kota samarinda dengan Epi Map. JPH Record, 1(2).

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Setyawan, D., Natilla Ghifara, Shafira Azzahra Putri, Alfadillah Rehani Setalia, & Tri Fusvinda. (2023). PSIKOEDUKASI TERHADAP UPAYA MENANGGULANGI PERILAKU BULLYING BERBASIS TEAM BUILDING DI SMP NEGERI 15 PADANG. PUSAKO : Jurnal Pengabdian Psikologi, 2(1), 8–13. https://doi.org/10.24036/pusako.v2i1.33