Pelatihan Strategi Coping Stress pada Siswa Kelas 7A SMP Negeri 15 Padang dalam Menghadapi Ujian Akhir Semester

Authors

  • Amelia Togatorop Universitas Negeri Padang
  • Suryaningsih Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/pusako.v2i1.37

Keywords:

coping stres, stres, psychological assessment tools, project based learning

Abstract

Sebagai seorang peserta didik, maka di setiap akhir semester setiap siswa di wajibkan  mengikuti Ujian Akhir Semester untuk melihat pemahaman para siswa selama satu semester dan sebagai salah satu syarat kelulusan mereka. Tekanan yang dihadapi ketika hendak mengikuti ujian menyebabkan banyak siswa merasa stress. Tekanan tersebut bisa saja karena kurangnya penguasaan terhadap pembelajaran  atau adanya tuntunan akan nilai yang bagus dari orang tua. Banyak dari siswa yang tidak tahu bagaimana cara menyalurkan dan mengurangi rasa stres yang mereka rasakan, sehingga terkadang tindakan yang mereka ambil justru membahayakan diri mereka, oleh karena itu tujuan dilakukannya intervensi ini adalah untuk memberikan edukasi dan pelatihan kepada siswa terkait Strategi coping stres dalam menghadapi UAS. Metode yang digunakan dalam intervensi ini terdiri dari 5 tahapan, yaitu wawancara kepada guru Bimbingan dan Konseling kelas 7, menyebarkan angket coping stress kepada siswa kelas 7, melakukan Focus Group Discussion (FGD) dengan 10 orang perwakilan siswa, memberikan psikoedukasi mengenai stres serta coping stress, dan melakukan pelatihan coping stress melalui teknik relaksasi. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 32 siswa. Setelah melakukan intervensi didapati hasil bahwa pemahaman siswa mengenai stres semakin bertambah serta siswa lebih rileks dan merasa tenang setelah mengikuti pelatihan coping stress.

Kata kunci: coping stres, stres, psychological assessment tools, project based learning

References

Ahmad Masnaeni, N. R. (2022). Pengantar Kesehatan Mental. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Wardani Indah, L. M. (2021). Core self evaluation and coping stress. NEM. Robbins, S. P. (2001). Organizational Behavior: Conceptsi, Controversies And Applications Nineth Edition. USA: Prentice Hall Inc.

Lazarus, R. S., and Folkman, S. (1984). Stress, Appraisal, and Coping. New York: Springer

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Togatorop, A., & Suryaningsih. (2023). Pelatihan Strategi Coping Stress pada Siswa Kelas 7A SMP Negeri 15 Padang dalam Menghadapi Ujian Akhir Semester. PUSAKO : Jurnal Pengabdian Psikologi, 2(1), 14–21. https://doi.org/10.24036/pusako.v2i1.37