TEKNIK JOURNALING SEBAGAI STRATEGI COPING STRESS BAGI REMAJA DI GMIT SESAWI OEPURA

Authors

  • Maria Lydia Seo Taboy Universitas Nusa Cendana
  • Martha Fiviany Christy Adar Universitas Nusa Cendana
  • Regitha Arghalya Beeh Universitas Nusa Cendana
  • Sherryn Trienanda Riwu Universitas Nusa Cendana
  • Mernon Yerlinda Carlista Mage Universitas Nusa Cendana
  • R Pasifikus Ch. Wijaya Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.24036/pusako.v3i1.73

Abstract

This training aims to increase understanding and direct practice regarding journalingtechniques as stress coping for teenagers. Training was carried out for teenagers at GMIT Sesawi Oepura. The methods in this training are quite varied, including psychoeducation,writing activities, evaluations, and interspersed with ice breaking so that participants do notf eel bored and the training can run smoothly according to expectations. The training wass uccessful because of the positive response from the training participants. Participants are able to follow the training well and actively participate in every activity.

References

Ackerman, C.E. 83. Benefits of Journaling for Depression, anxiety, and Stres. PositivePsychology”https;//positivepsychology.com/bebefits-of-journaling/(diakses 2 Agustus 2023)

Ali, Mohammad & Mohammad Asrori. 2014. Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ali, M. K. (2018). Penerapan Teknik Journaling Terhadap Peningkatan Aktualisasi Diri Siswa Dalam Materi Qur’an Hadits Kelas Xi Di Ma Nurul Ulum Welahan Jepara Tahun 2017/2018 (Doctoral Dissertation, Iain Kudus).

Amiruddin, A. (2021). Pengaruh Konflik Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Sumber Graha Sejahtera Luwu. Pengaruh Konflik Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Sumber Graha Sejahtera Luwu.

Baikie,K.A.& Wilhelm.K (2005). Cnnindonesia, 7 manfaat journaling. kurangi overthinking dan redakan stres, senin 20 september 2021.

Batubara, Jose R. L. 2010. Adolescent Development (Perkembangan Remaja). Departemen Ilmu Kesehatan Anak, RS Dr Cipto Mangunkusumo. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta.

Fakhri, N., Ain, N., Purnama, L. I., & Abshar, S. A. (2023). Pengaruh pemberian terapi journaling dalam menurunkan tingkat stress klien di Balai Rehabilitasi BNN Baddoka. Joong-Ki: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 669-675.

Hastuti, R. Y., & Baiti, E. N. (2019). Hubungan kecerdasan emosional dengan tingkat stress pada remaja. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 8(2), 82-91

Hidayah, S. (2017). Efektivitas Bibliotherapy Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas Viii. 10 Di Smpn 1 Batusangkar.

Muhayroh,I. (2020). Gambaran Stres da Strategi Coping Stres pada Individu DewasaAwal Penggemar karakter Anime Favorit di Jakarta, (skripsi tidak diterbitkan) Jakarta; Univesitas Al Ashar Indonesia.

Murniti, N. W. (2022). Transcendental Meditation Sebagai Strategi Dalam Memotivasi Minat Belajar Siswa Di Sma Negeri Bali Mandara Singaraja, Kabupaten Buleleng. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 6(2), 184-192

Mu’tadin, Zainun. 2010. Mengenal Kecerdasan Emosional Remaja. Tersedia dalam:http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/01/mengenal-kecerdasan-emosional-remaja/ [diakses pada tanggal 15 Februari, jam 21.09]

Nursolehah, R., & Rahmiati, R. (2022). Pengaruh expressive writing terhadap penurunan stres akademik mahasiswa. Jurnal Basicedu, 6(4), 6703-6712.

Pieter, Herri Zan & Namora Lumongga Lubis. 2010. Pengantar Psikologi dalam keperawatan. Jakarta: Prenada Media Group.

Resna N. (2021). Kebiasaan Journaling Bermanfaat bagi Kesehatan Mental. htpps;//www.sehatq/artikel/jounaling-kebiasaan-sederhana-yang baik-bagi- kesehatan- mental (akses 2 Agustus 2022)

Rima, S. I.N. (2022). Manfaat Journaling untuk Kesehatan Mental, Salurkan Luapan Emosi. Diakses pada tanggal 07 Agustus 2023, dari https://www.suara.com/lifestyle/2022/07/23/074510/5-manfaat-journaling-untuk- kesehatan-mental-salurkan-luapan-emosi

Sukoco, A. S. (2014). Hubungan Sense of Humor Dengan Stres Pada Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya , 1-10.

Suryaman, N. T., Wahjuningtijas, R., & Wulandari, W. (2023). PKM Optimalisasi Layanan Konseling dengan Journaling Terapy dalam Mengatasi Stres pada Guru BK SMK di SMK Kabupaten Bogor. Jurnal Pengabdian Mandiri, 2(10), 2151-2162.

Togatorop, A. (2023). Pelatihan Strategi Coping Stress pada Siswa Kelas 7A SMP Negeri 15 Padang dalam Menghadapi Ujian Akhir Semester. PUSAKO: Jurnal Pengabdian Psikologi, 2(1), 14-21.

Yanti, D. M. R., Fadhila, M., Faridah, S., Fitriyanuarty, N., & Marlini, S. R. (2022). Psikoedukasi seks: cegah tindak kekerasan pada anak dan remaja di desa binaan uptd ppa provinsi kalsel. PUSAKO: Jurnal Pengabdian Psikologi, 1(2), 13-19.

Downloads

Published

2024-07-18

How to Cite

Taboy, M. L. S., Martha Fiviany Christy Adar, Regitha Arghalya Beeh, Sherryn Trienanda Riwu, Mernon Yerlinda Carlista Mage, & R Pasifikus Ch. Wijaya. (2024). TEKNIK JOURNALING SEBAGAI STRATEGI COPING STRESS BAGI REMAJA DI GMIT SESAWI OEPURA . PUSAKO : Jurnal Pengabdian Psikologi, 3(1), 6–17. https://doi.org/10.24036/pusako.v3i1.73