PELATIHAN “MY PRIORITY” UNTUK MENINGKATKAN KEDISPLINAN SISWA SMPN 1 KOTA CIREBON

Authors

  • Faizatul Mumtaza Faizatul Mumtaza UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Nurul Fadia UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Ade Rahayu Suhartati UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Mumtaz Afridah UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.24036/pusako.v3i1.78

Abstract

Discipline is a condition that is created and formed through the process of a series of individual attitudes, which show the values of obedience, obedience, regularity and order. Student discipline at school is useful for helping students control themselves, respect the surrounding environment, and obey the rules set by the school. However, even though the rules have been written, in reality we often encounter students who still violate the existing rules. Based on the disciplinary problems experienced by these students, it is deemed necessary to provide guidance and training services for students regarding time Manajemen. The aim of this intervention is to help students determine activity priorities according to their importance and urgency, so that students are able to improve their discipline. The method used is to provide classical guidance and training through My Priority to students. This activity was carried out for approximately 40 minutes, and closed with students taking the initiative to summarize the activities that took place that day, then students were asked to make a schedule of activities based on their priority scale.

 

Kedisiplinan merupakan sebuah kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses serangkaian sikapindividu, yang menunjukannilai - nilai ketaatan, kepatuhan, keteraturan, serta ketertiban. kedisiplinan siswa di sekolah berguna untuk membantu siswa mengendalikan diri, menghormati lingkungan sekitar, dan menaati peraturan yang telah ditetapkan oleh sekolah. Akan tetapi, meskipun peraturan sudah di tulis namun pada kenyataanya kita sering kali menjumpai siswa yang masih melanggar peraturan yang ada. Berdasarkan permasalahan kedisiplinan yang dialami siswa tersebut, maka dipandang perlu diadakan layanan bimbingan serta pelatihan kepada siswa dengan Manajemen waktu. Tujuan dari intervensi ini yaitu, untuk membantu siswa menentukan prioritas kegiatan sesuai dengan kepentingan dan urgensinya, dengan begitu siswa mampu meningkatkan kedisiplinannya. Metode yang dilakukan adalah dengan memberikan bimbingan klasikal dengan pelatihan melalui my priority pada siswa. Kegiatan tersebut dilakukan kurang lebih sekitar 40 menit, dan di tutup dengan siswa berinisiatif untuk menyimpulkan kegiatan yang berlangsung pada hari tersebut, kemudian siswa di minta untuk membuat jadwal kegiatan yang didasarkan pada skala prioritasnya.

References

Ari Satri. (2024). Meningkatkan Disiplin Diri Siswa Melalui Layanan Klasikal Dengan Metode Diskusi Dan Projek Based Learning. Journal On Education, 06(02), 13758–13768.

Bunga Rampai Pengantar Manajamen Kesehatan gigi. (2024). (n.p.): Media Pustaka Indo.

Dianasari, A., Sitompul, N. C., & Sugito, Nf. (2021). Pengembangan Materi Layanan

Klasikal Dalam Bimbingan Belajar Pada Pembelajaran Abad 21. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 1. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v9n1.p1--17

Hajar, V. A. (2017). Layanan Bimbingan Klasikal Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam, 1–15.

Heriyanto, Bhakti, C. P., & Bandono. (2021). Upaya Meningkatkan Disiplin Diri Siswa Melalui Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Diskusi Dikelas X TP1 SMK Negeri 1 Mondokan. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, Fakultas K, 2013– 2015.

Kojongian, F. A., & Ayub, M. (2021). Manajemen Risiko Divisi Sistem Informasi Perguruan Tinggi dengan Framework COBIT 5. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 7(1).

Peneliti, T. I. M., Hasnawati, D., Si, M., Tarmizi, P., Pd, M., Keguruan, F., & Ilmu, D.

A. N. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Pada Universitas Bengkulu. 0022028104, 3–5.

Prasetya, B., & Prasetiawan, H. (2022). Upaya Meningkatkan Manajemen Waktu Melalui Bimbingan Klasikal Model Project Based Learning (PjBL) pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2), 250–257. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.286

Rosidah, A. (2017). Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa Underachiver. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 154. https://doi.org/10.26638/jfk.53.2099

Downloads

Published

2024-07-18

How to Cite

Faizatul Mumtaza, F. M., Fadia, N. ., Suhartati, A. R. ., & Afridah, M. . (2024). PELATIHAN “MY PRIORITY” UNTUK MENINGKATKAN KEDISPLINAN SISWA SMPN 1 KOTA CIREBON. PUSAKO : Jurnal Pengabdian Psikologi, 3(1), 38–50. https://doi.org/10.24036/pusako.v3i1.78