Upskilling dan Reskilling Teknik Pemesinan CNC dan CAM oleh Dosen FT UNP Tingkatkan Pengetahuan Guru MGMP Teknik Pemesinan Sumatera Barat

Authors

  • Febri Prasetya Universitas Negeri Padang
  • Budi Syahri
  • Fiki Efendi

DOI:

https://doi.org/10.24036/pusako.v3i2.86

Abstract

Banyak alumni sekolah menengah Kejuruan (SMK) dan perguruan tinggi masih belum memahami cara menggunakan software CAM. Ini karena banyak guru teknik pemesinan, terutama di Sumatera Barat, belum terbiasa menggunakan software CAM. Software ini baru hadir di Indonesia beberapa tahun di awal tahun 2000. Akibatnya, guru tidak dapat memberikan pembelajaran yang optimal tentang pengopersian software ini kepada siswa mereka. Namun, ada banyak guru yang ingin belajar dan meningkatkan penggunaan software ini, tetapi belum ada alat yang membantu mereka melakukannya.  Dengan demikian, guru teknik pemesinan khusus bidang CNC & CAM tidak memiliki kompetensi yang sama di berbagai wilayah Sumatera Barat. Oleh karena itu, diperlukan upskilling dan reskilling ilmu CNC & CAM untuk memastikan bahwa kompetensi guru keahlian teknik pemesinan SMK di Sumatera Barat meningkat dan mampu menghasilkan lulusan yang unggul dan siap kerja. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman guru tentang penggunaan perangkat software CAM pada mata pelajaran Pemrograman Mesin NC/CNC dan CAM. Kegiatan ini diberikan dalam rangka peningkatan kompetensi (upskilling and reskilling) dan guru adalah pelatihan dan pendidikan penggunaan software CAM. Metode yang digunakan termasuk identifikasi masalah, penugasan, diskusi, kerj Dengan kerja sama yang baik antara dinas pendidikan dan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) bidang keahlian teknik pemesinan, diharapkan pelatihan ini akan berlangsung sesuai rencana. Sekitar dua puluh guru akan dilatih. Kegiatan ini akan diadakan di SMKN 2 Payakumbuh pada bulan September 2023.

References

Budiyanti, E. (2016). Penguatan kembali industri manufaktur indonesia. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, 8(12), 13–16. https://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-VIII-12-II-P3DI-Juni-2016-50.pdf

Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. (2018). SKKNI 2018-109 Industri Mesin.

Prasetya, F., Syahri, B., Fajri, B. R., Ranuharja, F., Fortuna, A., & Ramadhan, A. (2021). Improved learning outcomes of CNC programming through Augmented Reality job sheet learning media. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 21(3), 221–233.

Prianto, M.Eng, E. (2017). Proses Permesinan Cnc Dalam Pembelajaran Simulasi Cnc. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1), 62–68. https://doi.org/10.21831/jee.v1i1.15110

Quatrano, A., De Simone, M. C., Rivera, Z. B., & Guida, D. (2017). Development and implementation of a control system for a retrofitted CNC machine by using Arduino. FME Transactions, 45(4), 565–571. https://doi.org/10.5937/fmet1704565Q

Rachman, A. N., Khairul Anshary, M. A., & Hakim, I. N. (2020). Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality (VR) Pada Aplikasi 3D Bangunan Perusahaan. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 5(2), 204. https://doi.org/10.24114/cess.v5i2.18672

Sari, M. N., & Ningsih, P. E. A. (2023). Pengajaran Bahasa Inggris Terhadap Siswa Sekolah Dasar dengan Menggunakan Video Animasi. Jurnal Abdimas Adpi Sosial dan Humaniora, 4(3), 628-636.

Sari, M., Ningsih, P. E. A., Saswandi, T., & Ihsan, R. (2022). Penulisan Abstrak Berbahasa Inggris untuk Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Abdimas Adpi Sosial dan Humaniora, 3(4), 435-441.

Downloads

Published

2024-12-06

How to Cite

Prasetya, F., Syahri, B. ., & Efendi, F. (2024). Upskilling dan Reskilling Teknik Pemesinan CNC dan CAM oleh Dosen FT UNP Tingkatkan Pengetahuan Guru MGMP Teknik Pemesinan Sumatera Barat. PUSAKO : Jurnal Pengabdian Psikologi, 3(2), 7–16. https://doi.org/10.24036/pusako.v3i2.86