Penerapan Psikoedukasi Pencegahan Adiksi Gawai Melalui Permainan Pada Anak Usia Pra Sekolah Di Tk An-Nahl Jambi

Authors

  • Yun Nina Ekawati Universitas Jambi
  • Verdiantika Annisa Universitas Jambi
  • Dessy Pramudiani Universitas Jambi
  • Marlita Andhika Rahman Universitas Jambi
  • Fadzlul Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.24036/pusako.v3i2.89

Keywords:

adiksi gawai, psikoedukasi, permainan

Abstract

Di era digitalisasi, gawai memegang peran penting dalam membantu manusia di berbagai aspek kehidupannya. Hampir setiap kalangan tidak lepas dalam penggunaan gawai termasuk anak-anak. Penggunaan gawai di satu sisi memberi dampak positif tetapi juga menjadi tantangan produktivitas pada anak. Seringkali anak menggunakan gawai untuk fungsi tertentu saja seperti hiburan dan kurang membatasi waktu. Sehingga masalah adiksi gawai seringkali ditemui pada anak-anak. Bila dibiarkan maka akan berdampak pada motorik dan kepekaan anak dalam berinteraksi di situasi sosial ke depan. Oleh karena itu perlu penanganan berupa pemahaman pada anak dan pengalihan aktivitas lain yang lebih positif. Salah satunya dengan memberikan psikoedukasi melalui permainan. Tujuan kegiatan adalah memberikan psikoedukasi melalui permainan untuk mencegah adiksi gawai pada anak pra sekolah. Kegiatan psikoedukasi dilakukan pada 50 siswa di TK An Nahl Percikan Iman Jambi. Metode kegiatan dilakukan dengan ceramah interaktif dan permainan tradisional. Berdasarkan hasil observasi dengan metode checklist didapatkan evaluasi berdasarkan pengetahuan dan reaksi siswa terhadap permainan tradisional. Berdasarkan pengetahuan diketahui siswa memiliki pemahaman tentang gawai berdasarkan aspek waktu ideal menggunakan gawai dan dampak penggunaan gawai. Berdasarkan evaluasi reaksi terhadap permainan tradisional, siswa merasakan reaksi emosi senang, semangat dan interaktif. Sehingga kegiatan psikoedukasi melalui media permainan tradisional ini dapat menjadi alternatif upaya dalam mencegah adiksi gawai pada anak.

References

Alpert, A. (2019). The good enough life: the desire for greatness can be an obstacle to our own potential. The New York Times: Retrieves from https://www.nytimes.com

Andrade, C. (2019). Benefits of play for the social and emotional development of children in kindergarten. Capstone Projects and Masters Theses, California States University

Apsari, N.SC., Nurfauziah, L.S., Asiah, D.H.S. (2023. Dampak penggunaan gawai (gadget) terhadap perilaku sosial anak usia dini. Social Work Journal, 13, 11-22

Asosiasi Pengelenggara Jasa Internet Indonesia & Teknopreneur. (2022). Survei Infografis Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia.

Cheng, L., Cao, J. (2023). Factors influencing smart device addiction among preschool children: an extended protection-risk model perspective. Frontiers in Psychology, 14, 1-11

Hurlock, E. B. (2015). Psikologi perkembangan suatu pendekatan rentang hidup. Jakarta: Erlangga

Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2020). Hasil survei pemenuhan hak dan perlindungan anak pada masa pandemi covid 19. https://bankdata.kpai.go.id/files/2021/02/Hasil-Survei-KPAI-2020-Pemenuhan-dan-Perlidunga-di-Masa-Covid-19.pdf

Sahu, M., Gandhi, S., Sharma, M.K. (2019). Mobile phone addiction among children and adolescents: A systematic review, 30, 261-268

Whitebread, D., Neale, D., Jensen, D., Liu, C., Solis, S.L., Hopkins, E., Pasek, K.H., Zosh, J. (2017) The role of play in children’s development: a review of the evidence. The LEGO Foundation, DK. https://www.metrotvnews.com/read/bw6Co0g9-ribuan-anak-dirawat-di-rsj-mayoritas-gegara-kecanduan-gawai dilihat pada tanggal 14 November 2024

Downloads

Published

2024-12-10

How to Cite

Yun Nina Ekawati, Verdiantika Annisa, Dessy Pramudiani, Marlita Andhika Rahman, & Fadzlul. (2024). Penerapan Psikoedukasi Pencegahan Adiksi Gawai Melalui Permainan Pada Anak Usia Pra Sekolah Di Tk An-Nahl Jambi. PUSAKO : Jurnal Pengabdian Psikologi, 3(2), 34–43. https://doi.org/10.24036/pusako.v3i2.89