Psikoedukasi Digital Parenting: Pola Asuh Baru Menyiapkan Anak untuk Era Digital

Authors

  • Irni Prihardini Universitas Tarumanagara
  • Riana Sahrani University Tarumanagara
  • Fransisca Iriani Roesmala Dewi University Tarumanagara

DOI:

https://doi.org/10.24036/pusako.v3i2.94

Keywords:

digital parenting self-efficacy, family climate, digital parenting attitudes

Abstract

Tingginya penggunaan internet dan perangkat digital oleh anak-anak di Indonesia, secara umum tidak diiringi dengan pendampingan dan aturan dari orang tua. Hal ini dapat menumbuhkan adanya potensi kesenjangan antara pengasuhan dari orang tua, dan apa yang diterima oleh anak melalui penggunaan perangkat dan media digital. Dalam mengatasi fenomena ini, sikap pengasuhan digital menjadi kebutuhan orang tua untuk menerapkan strategi pola asuh yang tepat terkait tuntutan peran dan tanggung jawab sebagai orang tua di era perkembangan digital. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, sebagai pemenuhan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), penulis berinisiatif melakukan kegiatan seminar psikoedukasi mengenai sikap pengasuhan digital. Seminar psikoedukasi bertujuan menyampaikan hasil penelitian pada orang tua siswa sekolah. Orang tua dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang sikap pengasuhan digital yang bijak, sehingga orang tua dan anak dapat memaksimalkan manfaat teknologi bagi anak. Pelaksanaan psikoedukasi dilakukan secara daring melalui zoom meeting. Efektivitas kegiatan psikoedukasi diukur melalui pre-test dan post-test untuk melihat adanya peningkatan pengetahuan dan persepsi perubahan sikap orang tua terhadap pengasuhan digital setelah mengikuti seminar. Hasil psikoedukasi menunjukan peningkatan signifikan pada pemahaman dan motivasi peserta dalam menerapkan pengasuhan digital. Luaran wajib dan tambahan dari psikoedukasi adalah prosiding dalam temu ilmiah dan artikel ilmiah populer.
Kata kunci : Efikasi Diri Pengasuhan Digital, Iklim Keluarga, Sikap Pengasuhan Digital

References

BPS. (2023). Catalog : 1101001. In Statistik Indonesia 2023 (Vol. 1101001). https://www.bps.go.id/publication/2020/04/29/e9011b3155d45d70823c1 41f/statistik-indonesia-2020.html

Dhir, A., & Khalil, A. (2018). Underpinnings of Internet Parenting Styles: The Development and Validation of the Internet Parenting Scale Using Repeated Cross-Sectional Studies. Journal of Educational Computing Research, 56(7), 1149–1175. https://doi.org/10.1177/0735633117731492

Festl, R., & Gniewosz, G. (2019). Role of mothers’ and fathers’ Internet parenting for family climate. Journal of Social and Personal Relationships, 36(6), 1764– 1784. https://doi.org/10.1177/0265407518771753

Fabrieta, D., & Gina, F. (2024). Empowering Adolescents in the Digital Era: A Comprehensive Approach to Digital Well-being. Nusantara Journal of Behavioral and Social Science. 3(3), 143-150. https://doi.org/10.47679/njbss.202461

Harianja, N., Lona, R. T., Juniasih, T. E., Syahputra Marpaung, I., & Hasibuan, N. (2022). Sosialisasi Digital Parenting Dalam Mengatasi Dampak Negatif Penggunaan Handphone di Kelurahan Padangmatinggi. Jurnal Nauli, 1(2), 46–53. https://jurnal.ugn.ac.id/index.php/jurnalnauli

Huang, G., Li, X., Chen, W., & Straubhaar, J. D. (2018). Fall-Behind Parents? The Influential Factors on Digital Parenting Self-Efficacy in Disadvantaged Communities. American Behavioral Scientist, 62(9), 1186–1206. https://doi.org/10.1177/0002764218773820

Indonesia Baik. (2023). Pengguna internet Indonesia paling banyak usia berapa? Indonesia Baik. https://indonesiabaik.id/infografis/pengguna-internet- indonesia-paling-banyak-usia-berapa

İnan-Kaya, G., Mutlu-Bayraktar, D., & Yılmaz, Ö. (2018). Digital Parenting Attitude Scale: Validity and reliability study. Mehmet Akif Ersoy Üniversitesi Eğitim Fakültesi Dergisi, 46, 149–173. https://doi.org/10.21764/maeuefd.390626

KPAI. (2021). Hasil Survei Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak Pada Masa Pandemi COVID-19. Jakarta Pusat, 10, 10350. https://bankdata.kpai.go.id/infografis/evaluasi-sistem-peradilan-pidana- anak-tahun-2019

Kurniadi, F., Amega Setiawati, N., & Ibnu Aqil, D. (2020). Penyuluhan Digital Parenting Kepada Para Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Falah Sawangan Depok. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 03(01), 62–67.

Kurock, R., Gruchel, N., Bonanati, S., & Buhl, H. M. (2022). Family Climate and Social Adaptation of Adolescents in Community Samples: A Systematic Review. Adolescent Research Review, 7(4), 551–563. https://doi.org/10.1007/s40894-022-00189-2

Kurtdede, F., & Olur, B. (2023). Parenting Self-Efficacy and Digital Parenting Attitudes. Education. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s10639-023- 11841-2

Modecki, K. L., Goldberg, R. E., Wisniewski, P., & Orben, A. (2022). What Is Digital Parenting? A Systematic Review of Past Measurement and Blueprint for the Future. Perspectives on Psychological Science, 17(6), 1673–1691. https://doi.org/10.1177/17456916211072458

Mutlu-Bayraktar, D., Yılmaz, Ö., & İnan-Kaya, G. (2018). Digital Parenting: Perceptions on Digital Risks. Kalem Uluslararasi Egitim ve Insan Bilimleri Dergisi, 14(1), 137–163. https://doi.org/10.23863/kalem.2018.96

Munajat, A., Rahmat, D., & Hurri, I. (2023). Techno Parenting: Sinergi Sekolah, Lingkungan Sosial dan Orangtua untuk Meningkatkan Mindful dalam Pengasuhan Anak. Jurnal PIPSI, 8(3), 222–238.

Pratiwi, H., Hasanah, N. I., Purnama, S., Ulfah, M., & Saripudin, A. (2022). Adaptation to digital parenting in a pandemic: A case study of parents within higher education. South African Journal of Childhood Education, 12(1), 1–12. https://doi.org/10.4102/sajce.v12i1.1166

Pratama, H. (2022). Peran Digital Parenting Sebagai Edukasi Perkembangan Anak Usia Dini Yang Berkualitas Di Tk Bahrul Huda Karangan. 1(2), 9–18. Jurnal Al- Hikmah Way Kanan

Qadafi, M., & Sosani, Y. A. (2023). Pendidikan Digital Parenting Bagi Guru Dan Orang Tua Siswa Paud Di Kota Mataram. SHARE “SHaring - Action - REflection,” 9(1), 58–64. https://doi.org/10.9744/share.9.1.58-64

Rini Ngulandari, P., & Oktaviani, M. (2024). Special Edition from National Seminar on Family, Child, and Consumer Issue: Building a Quality Family to Create a Golden Indonesia Digital Parenting and School Climate to Improve Discipline Character in Students. 117–131.

Yohanes Mandala, Andrian Wira Syahputra, & Hendrik A E Lao. (2024). Strategi Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak di Era Digital. Jurnal Budi Pekerti Agama Kristen Dan Katolik, 2(3), 01–16. https://doi.org/10.61132/jbpakk.v2i3.551

Zhao, P., Bazarova, N. N., & Valle, N. (2023). Digital parenting divides: The role of parental capital and digital parenting readiness in parental digital mediation. Journal of Computer-Mediated Communication, 28(5). https://doi.org/10.1093/jcmc/zmad032

Downloads

Published

2024-12-10

How to Cite

Prihardini, I., Sahrani, R., & Iriani Roesmala Dewi, F. (2024). Psikoedukasi Digital Parenting: Pola Asuh Baru Menyiapkan Anak untuk Era Digital. PUSAKO : Jurnal Pengabdian Psikologi, 3(2), 17–33. https://doi.org/10.24036/pusako.v3i2.94